BMW M1000RR
BMW M 1000 RR adalah varian tertinggi dari lini superbike BMW Motorrad yang dirancang khusus untuk performa ekstrem di lintasan balap. Ini adalah motor pertama yang menyandang label "M" di dunia roda dua, mengadopsi filosofi performa tinggi dari divisi M milik BMW yang terkenal di dunia otomotif. Dengan basis dari S1000RR, M 1000 RR mendapatkan peningkatan signifikan dari sisi mesin, aerodinamika, hingga teknologi balap.
Dari segi desain, M 1000 RR tampil sangat agresif dan fokus pada efisiensi aerodinamis. Sayap (winglet) berbahan karbon di bagian depan membantu menambah downforce, menjaga kestabilan roda depan saat akselerasi tinggi, dan memberikan kontrol lebih baik saat keluar dari tikungan. Warna khas M Motorsport – perpaduan putih, biru, merah, dan hitam – menegaskan karakter sport yang mewah dan eksklusif.
Mesinnya adalah unit 999 cc 4-silinder segaris DOHC yang telah disetel ulang untuk menghasilkan tenaga hingga 212 hp pada 14.500 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 11.000 rpm. Teknologi BMW ShiftCam tetap hadir, namun pada M 1000 RR mesin dioptimalkan dengan komponen ringan seperti piston 2-ring, rocker arm titanium, serta rasio gir final drive yang lebih pendek. Ini menjadikan akselerasinya brutal namun tetap presisi.
Untuk menunjang performa, motor ini dibekali fitur elektronik lengkap: ABS Pro, Dynamic Traction Control (DTC), Launch Control, pit lane limiter, dan hingga 7 mode berkendara termasuk Race Pro 1–3. Suspensi menggunakan komponen fully adjustable dengan setup khusus untuk track day. Perangkat rem dari BMW M Brembo kaliper radial 4-piston memastikan pengereman tajam dan stabil pada kecepatan tinggi.
Secara keseluruhan, BMW M 1000 RR adalah motor yang dirancang untuk pecinta kecepatan sejati yang mendambakan sensasi superbike balap di jalan raya. Ini bukan sekadar versi "mahal" dari S1000RR, melainkan evolusi teknis yang serius untuk mendominasi sirkuit. Cocok untuk pebalap amatir, profesional, atau kolektor yang menginginkan teknologi balap sejati dalam paket premium buatan Jerman.
Slip-Slide Control
Tikungan seru terjamin: Dikombinasikan dengan fungsi baru fitur Brake Slide Assist, luncuran terkendali kini dapat dicapai di setiap tikungan.
Optimised winglets for maximum control
Dikembangkan untuk lintasan balap: Winglet 3.0 yang disempurnakan dapat menghasilkan downforce hingga 30 kg, tergantung pada kecepatan.
Weight-optimised full titanium exhaust system
Lebih sedikit lebih baik: Titanium adalah material pilihan kami untuk performa yang ringan. Penghematan berat sebesar 3.657 gram dan flensa berbentuk oval baru di kepala silinder dapat dirasakan dalam penanganan yang lebih baik dan peningkatan performa.
🔧 Mesin & Performa
- Tipe
Mesin: 4-silinder segaris, 4-tak, DOHC
- Kapasitas:
999 cc
- Diameter
x Langkah: 80 mm x 49,7 mm
- Rasio
Kompresi: 13,5:1
- Tenaga
Maksimum: 212 hp (156 kW) pada 14.500 rpm
- Torsi
Maksimum: 113 Nm pada 11.000 rpm
- Sistem
Bahan Bakar: EFI dengan intake variabel
- Sistem
Pendingin: Pendingin cair dan oli
- Transmisi:
6-percepatan, kopling multi-plate anti-hopping
- Penggerak
Akhir: Rantai
- Kecepatan
Maksimum: 306 km/jam
- Akselerasi
0–100 km/jam: 3,1 detik
- Konsumsi
Bahan Bakar: 6,5 l/100 km
- Emisi
CO₂: 151 g/km(worldsbk.com, 1000ps.com,
wired.com, wired.com, otomotif.kompas.com)
🛠️ Rangka & Suspensi
- Rangka:
Aluminium twin-spar, engine sebagai bagian dari struktur
- Suspensi
Depan: Garpu teleskopik terbalik Ø 45 mm, sepenuhnya dapat disesuaikan
(kompresi, rebound, preload)
- Suspensi
Belakang: Monoshock dengan swingarm aluminium, sepenuhnya dapat
disesuaikan
- Travel
Suspensi Depan: 120 mm
- Travel
Suspensi Belakang: 117 mm
- Wheelbase:
1.457 mm
- Roda:
Velg M Carbon, depan 3,5 x 17 inci, belakang 6,0 x 17 inci
- Ban
Depan: 120/70 ZR17
- Ban
Belakang: 200/55 ZR17
- Rem
Depan: Cakram ganda Ø 320 mm dengan kaliper radial 4-piston
- Rem
Belakang: Cakram tunggal Ø 220 mm dengan kaliper 2-piston
- ABS:
BMW Motorrad Race ABS Pro dengan mode khusus untuk kondisi balap(otomotif.kompas.com,
zigwheels.co.id)
📏 Dimensi & Bobot
- Panjang:
2.073 mm
- Lebar:
848 mm
- Tinggi:
1.197 mm
- Tinggi
Jok: 832 mm
- Berat
Kering: 170 kg
- Berat
Isi: 192 kg
- Kapasitas
Tangki: 16,5 liter (termasuk cadangan 4 liter)(philharmonicmoto.com, motorcycle.com, otomotif.kompas.com,
1000ps.com)
⚙️ Sistem Elektronik & Fitur
- Riding
Modes: Rain, Road, Dynamic, Race, Race Pro 1–3
- Kontrol
Traksi: Dynamic Traction Control (DTC)
- Launch
Control: Ya
- Slide
Control: Ya, dengan sensor sudut kemudi
- Brake
Slide Assist: Ya
- Quickshifter:
Shift Assist Pro (naik/turun gigi tanpa kopling)
- Cruise
Control: Ya
- Panel
Instrumen: TFT 6,5 inci dengan konektivitas
Penerangan: Lampu depan, belakang, dan sein LED(cyclenews.com)
Komentar
Posting Komentar