HONDA CBR1000RR-R
Honda CBR1000RR-R Fireblade adalah motor superbike flagship dari Honda yang dirancang dengan DNA balap MotoGP. Motor ini menonjol dalam segmen 1000cc dengan kombinasi teknologi canggih, performa ekstrem, dan aerodinamika yang terinspirasi langsung dari RC213V – motor yang digunakan Honda di ajang MotoGP. Desainnya agresif dan tajam, dengan fairing ramping serta winglet aerodinamis yang membantu meningkatkan stabilitas saat kecepatan tinggi.
Jantung dari CBR1000RR-R adalah mesin 999cc empat silinder segaris DOHC 16-katup, berpendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga lebih dari 215 PS pada 14.500 rpm dan torsi sekitar 113 Nm pada 12.500 rpm. Ini menjadikannya salah satu motor produksi massal paling bertenaga di dunia. Teknologi seperti Throttle-by-Wire, titanium connecting rods, serta piston berbahan forged aluminium membuat mesin ini sangat responsif dan ringan.
Dari segi handling, CBR1000RR-R dibekali dengan sasis aluminium terbaru serta swingarm panjang seperti milik RC213V-S. Suspensi depan menggunakan Showa BPF (Big Piston Fork), dan belakang menggunakan Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC), yang dirancang untuk memberikan kestabilan maksimal saat melibas tikungan pada kecepatan tinggi. Rem Brembo Stylema dengan cakram besar juga memberikan daya henti luar biasa, layaknya motor balap profesional.
Honda juga menyematkan berbagai fitur elektronik canggih di CBR1000RR-R, seperti 9-level Honda Selectable Torque Control (HSTC), Wheelie Control, Engine Brake Control, Launch Control, dan Cornering ABS. Panel instrumen TFT full color 5 inci memberikan akses ke semua pengaturan tersebut dengan tampilan yang modern dan intuitif. Quick Shifter dua arah menjadi fitur standar, memudahkan pergantian gigi tanpa harus menarik kopling.
Secara keseluruhan, Honda CBR1000RR-R Fireblade adalah manifestasi dari komitmen Honda terhadap performa balap dalam bentuk motor jalan raya. Dengan kombinasi antara mesin bertenaga, fitur elektronik canggih, dan desain aerodinamis, motor ini ditujukan bagi pengendara berpengalaman yang mendambakan sensasi berkendara ekstrem, baik di sirkuit maupun jalan raya. Fireblade bukan sekadar motor, tetapi simbol prestasi teknik tertinggi Honda dalam dunia roda dua.
1000cc DOHC Inline-Four Cylinder
konfigurasi mesin
yang terdiri dari empat silinder sejajar (inline-four) dengan kapasitas total
1000cc (cubic centimeter) dan menggunakan sistem katup DOHC (Double Overhead
Camshaft). Sistem DOHC memungkinkan dua poros cam di kepala silinder—satu untuk
katup masuk dan satu untuk katup buang—sehingga memungkinkan pengaturan katup
yang lebih presisi dan efisien pada putaran tinggi. Mesin ini dikenal
menghasilkan tenaga besar, respons throttle yang cepat, serta putaran mesin
yang tinggi, sehingga sangat cocok digunakan pada motor sport performa tinggi
seperti superbike, karena menawarkan keseimbangan antara kekuatan, kecepatan,
dan kehalusan operasional.
TFT Panel Meter
layar instrumen digital berbasis Thin Film Transistor (TFT) yang digunakan pada motor modern untuk menampilkan berbagai informasi berkendara secara jelas dan interaktif. Layar ini memiliki resolusi tinggi dan mampu menampilkan warna penuh (full color), sehingga informasi seperti kecepatan, putaran mesin (RPM), posisi gigi, suhu mesin, mode berkendara, dan pengaturan elektronik lainnya dapat ditampilkan dengan visual yang tajam dan mudah dibaca, bahkan di bawah sinar matahari. Selain tampilan yang futuristik, panel ini juga biasanya mendukung antarmuka yang dapat dikustomisasi dan dikendalikan melalui tombol di setang atau touchscreen (pada beberapa model), menjadikannya fitur premium dalam motor-motor kelas atas.
🏍️ Mesin & Performa
- Tipe
Mesin: 4-tak, 16-katup, DOHC, inline-4, berpendingin cairan
- Kapasitas
Mesin: 999,9 cc
- Diameter
x Langkah: 81,0 mm x 48,5 mm
- Rasio
Kompresi: 13,6:1
- Tenaga
Maksimum: 160 kW (sekitar 217 PS) @ 14.000 rpm
- Torsi
Maksimum: 113 Nm @ 12.000 rpm
- Sistem
Bahan Bakar: PGM-DSFI dengan injektor Denso 12 lubang
- Transmisi:
Manual 6-percepatan dengan Quick Shifter
- Kopling:
Wet, multiplate dengan assist & slipper clutch
- Final
Drive: Rantai (#525, 16T/44T)
- Sistem
Throttle-by-Wire: Dual-motor untuk kontrol lebih presisi(motorkux.id,
iwanbanaran.com,
satupiston.com,
otomotif.kompas.com,
powersports.honda.com,
powersports.honda.com)
đź› ️ Rangka & Suspensi
- Rangka:
Aluminium Composite Twin Spar
- Suspensi
Depan: Ă–hlins NPX Smart-EC 43 mm, dapat disetel elektronik (preload,
kompresi, rebound), travel 120 mm
- Suspensi
Belakang: Pro-Link dengan Ă–hlins TTX36 Smart-EC3.0, dapat disetel
elektronik, travel 143 mm
- Rem
Depan: Cakram ganda 330 mm dengan kaliper radial-mount 4-piston Brembo
Stylema R
- Rem
Belakang: Cakram tunggal 220 mm dengan kaliper Brembo
- Ban
Depan: 120/70ZR-17M/C (58W)
- Ban
Belakang: 200/55ZR-17M/C (78W)(satupiston.com,
powersports.honda.com,
powersports.honda.com)
📏 Dimensi & Berat
- Panjang
x Lebar x Tinggi: 2.100 mm x 745 mm x 1.140 mm
- Jarak
Sumbu Roda: 1.460 mm
- Ground
Clearance: 115 mm
- Tinggi
Jok: 830 mm
- Berat
Kosong: 201 kg
- Kapasitas
Tangki Bahan Bakar: 16,1 liter(motorkux.id,
iwanbanaran.com)
⚙️ Elektronik & Fitur
- IMU
6-sumbu: Untuk kontrol traksi dan stabilitas
- Honda
Electronic Steering Damper (HESD): 3 mode pengaturan (hard, medium,
soft)
- TFT
Display: Layar digital 5 inci dengan kontrol intuitif
- Honda
Smart Key: Sistem kunci pintar tanpa kontak
- Fitur
Elektronik: 9-level HSTC (Honda Selectable Torque Control), Wheelie
Control, Engine Brake Control, Launch Control, Cornering ABS(lajumotor.com,
otomotif.kompas.com,
powersports.honda.com)
828.965.000
Pilihan warna : Honda Tricolor
Komentar
Posting Komentar